Tips Cara Cepat Menghilangkan Panu : Pasti Ampuh

Inilah tips cara cepat menghilangkan panu atau cara mengatasi panu pada kulit tubuh. Panu adalah suatu jenis penyakit kulit yang disebabkan oleh adanya infeksi jamur yang bernama Pityrosporum ovale pada permukaan kulit. Panu biasanya menyerang pada kulit bagian leher atau punggung dan juga pada bagian kulit lainya.

Panu memang jenis penyakit yang tidak mematikan akan tetapi dengan adanya panu dikulit bisa membuat kita kurang percaya diri apalagi disaat kita lagi ngumpul bersama teman dan berdekatan dengan pasangan pasti membuat kita menjadi kurang percaya diri, rasa malu. Bila Anda yang mengalami penyakit yang satu ini  disini bisa Anda baca artikel dibawah ini, sebagai berikut:

1. Daun Pare
Pucuk daun pare dicampur dengan kapur sirih, kemudian tumbuk halus. Setelah halus, oles dan gosokkan pada bagian kulit tubuh yang terkena panu.

2. Bawang Putih
Satu siung bawang putting diiris menjadi beberapa bagian, kemudian oleskan irisan bawang putih tersebut pada bagian kulit tubuh yang berpanu. Lakukan pada pagi dan malam hari secara teratur sampai panu mengering dan hilang.

3. Kunyit
Sama seperti ramuan lengkuas, kunyit diparut dan dicampur dengan garam kasar atau garam kristal lalu oles dan gosokkan pada bagian kulit yang berpanu.

4. Belerang
Ambil belerang secukupnya dan tumbuk halus. Campur dengan minyak kelapa dan keruk nipis secukupnya. Oleskan pada bagian kulit yang berpanu dan lakukan secara rutin hingga panu benar-benar hilang.

5. Kulit Pohon Pinang
Bagian kulit pohon pinang yang masih berwarna hijau diserut menggunakan pisau, kemudian hasil serutan tersebut digosokkan pada bagian kulit yang berpanu.

6. Daun Leunca
Pucuk daun leunca dicampur dengan garam kristal. Setellah tercampur bungkus dengan daun pisang, lalu kukus. Setelah matang, gosokkan pada bagian kulit yang terkena panu.

7. Daun Kemangi
Daun Kemangi ditumbuk, campur dengan kapur sirih, mentimun dan belerang secukupnya. Ramuan kemudian dioleskan dibagian kulit yang berpanu.

8. Bunga Kenanga
Beberapa tangkai bunga kenanga ditumbuk sampai halus, campur dengan minyak kelapa dan sedikit belerang. Oleskan pada kulit yang berpanu.

9. Lengkuas
Lengkuas diparut dan dicampur dengan minyak tanah, gosokkan pada bagian yang berpanu.

10. Sereh
Batang sereh dimemarkan (bagian bawah) sampai mengeluarkan air, oleskan batang sereh tersebut pada bagian kulit tubuh yang berpanu. Oleskan 2-3 kali seminggu setelah mandi sore.

(ref: berbagi-10)

Lalu bagaimana cara mencegah timbulnya panu ?
Cara mencegah panu supaya tidak cepat berkembang biak ke seluruh tubuh sebainya kita harus lakukan hal-hal sebagai berikut :

Jaga kebersihan tubuh dengan mandi minimal 2 kali dalam sehari.

Gunakan handuk pribadi, bukan berbagi dengan orang lain terutama yang menderita penyakit sejenis.

Selalu lakukan penjemuran handuk setelah digunakan.

Ganti handuk minimal 2 minggu sampai 1 minggu sekali.

Jangan memakai pakaian secara bergantian dengan orang lain.

Gantung atau simpan pakaian atau baju ditempat yang kering.

Jangan menggantung baju terlalu lama pula, karena dapat memicu munculnya jamur pada pakaian.

Jangan sering membiarkan keringat terlalu lama menempel pada kulit. Apabila sering berkeringat, biasakan untuk selekas mungkin mengeringkan. Caranya, seka menggunakan lap basah kemudian dilanjutkan dengan lap kering.

Jika Anda mudah berkeringat, sebaiknya gunakan pakaian dari bahan yang bisa cepat menyerap keringat. Dan hindari pula pakaian yang berbahan dari jenis linen.

Segera lakukan ganti pakaian jika keringat telah basah membanjiri tubuh, misalnya setelah aktivitas berolahraga atau pun disaat cuaca sedang panas. Usahakan badan supaya tetap kering agar jamur tidak cepat berkembang biak.

Bila jamur Pityriasi mudah berkembang sebaiknya pakai sabun atau jenis shampo yang mengandung Selenium Sulfide. Gunakan dengan cara mengoleskan keseluruh bagian tubuh satu jam sebelum Anda mandi.

--(ref: superampuh.com)

Nah itulah tips cara cepat menghilangkan panu atau cara mencegah datangnya panu. Semoga artikel ini mampu memberikan kemudahan jika selama ini kesulitan dalam mengobati dan menghilangkan panu dan semoga bisa bermanfaat untuk Anda.