Tips Cara Menjaga Kesehatan Kehamilan Pada Wanita

Inilah tips cara menjaga kesehatan kehamilan pada wanita yang sedang hamil. Khusus bagi wanita atau ibu yang lagi hamil sebaiknya baca artikel ini sampai akhir.

Untuk Anda yang lagi hamil sebaiknya Anda melakukan banyak hal yang dapat membuat calon si buah hati Anda terlahir dengan sehat dan menjadi anak yang cerdas. Jagalah kesehatan kehamilan Anda agar tidak terjadi hal-hal yang diinginkan seperti keguguran.

Untuk menjaga kesehatan kehamilan, Anda dapat mengikuti tips-tips dibawah ini. Berikut beberapa tips menjaga kehamilan dan menjaga kesehatan Anda dan sang buah hati:

1. Menjaga kesehatan daerah wajah dan kepala

Kerap ibu hamil ajukan pertanyaan bisa mengecat rambut tidak waktu hamil ? baiknya sih tunda dulu. mengingat obat yang dipakai untuk mengecat serta mengeriting rambut berbentuk zat toksik ( beracun ). terkadang ada juga keluhan rambut rontok serta tumbuh rambut halus di pelipis jadi problem untuk ibu hamil. tidak butuh kuatir itu cuma sesaat karakternya dikarenakan pergantian hormon kehamilan. kebersihan tempat rambut serta kepala bisa dikerjakan dengan keramas dengan teratur. ibu hamil bisa lakukan pijatan mudah di wajah serta kepala untuk relaksasi.

Ibu hamil apabila bercermin terkadang lihat berwajah ada flek. ibu tidak butuh kuatir dengan warna gelap atau bintik coklat di wajah ( cloasma gravidarum ). perihal itu juga akibat pergantian hormon yang merangsang pigmentasi di wajah serta leher. tak perlu mengolesi dengan berbagai - jenis cream pemutih. sesudah hamil pergantian warna flek coklat itu tersebut dapat hilang sendiri.

2. Menghirup udara yang bersih

Ibu hamil baiknya hati - hati menentukan area jalur pagi. janganlah biarlah hidung terlampau lama menghirup polusi di tepi jalur yang padat kendaraan. saat ibu hamil mesti bersihkan tempat tinggal jauhi pemakaian bahan - bahan yang memiliki kandungan zat aerosol cat, formalin, kamfer, serta racun serangga yang berbentuk obat nyamuk bakar ataupun semprot.

Bila memanglah mesti lakukan penyemprotan serangga, atau bersihkan porselin dengan bahan kimia manfaatkanlah masker penutup hidung. untuk ibu hamil dengan kisah asma baiknya tidak terpapar dengan zat pencetus asma contohnya bulu binatang, serbuk bunga, debu karpet, hawa dingin dan seterusnya.

3. Kesehatan mulut

Kesehatan mulut amat mutlak untuk ibu hamil terlebih yaitu kebersihan gusi serta gigi pada waktu hamil kerapkali timbul masalah pada gusi serta gigi. hormon kehamilan bikin gusi jadi lebih lunak serta terkadang mudah berdarah. menggosok gigi dengan lembut serta sikat gigi dengan benar serta teratur tiap-tiap setelah makan. sesekali bisa kumur dengan larutan air garam hangat. apabila gusi mudah berdarah atau bengkak pakai pasta gigi yang sesuai saran dokter atau bidan. pada ibu hamil trimester pertama terkadang ada keluhan mual - mual serta muntah. meludah terus serta menyebabkan bau mulut ( halitosis ).

Ibu hamil baiknya kerap bersihkan mulut setiap saat sesudah muntah. teh bisa kurangi bau mulut yang tidak enak. makanan untuk ibu hamil baiknya memiliki kandungan gisi yang seimbang, cukup vit. serta serat alami buah serta sayur. baiknya bersihkan bersih buah serta sayuran yang akan dimakan mentah untuk kurangi residu pestisida serta hindari tercemar virus toksoplasma gondii.

Ibu hamil butuh hindari rokok serta asap orang yang merokok. keguguran serta bayi prematur berlangsung dikarenakan janin keracunan zat nikotin. tak hanya rokok juga jauhi minuman mengandung alkohol, kafein, minuman suplemen yang diiklankan di televisi, soft drink yang memiliki kandungan suplemen tenaga, jamu - jamu atau product sejenis yang tidak terjamin kualitasnya.

Bila jadi sangsi perihal type minuman spesifik bertanyalah pada dokter atau bidan anda mengenai seberapa besar dampak serta dampak pada sang janin. baiknya i bu hamil lebih mengkonsumsi minuman sehat, susu, jus buah, sari kedelai, air kacang hijau, air putih.

4. Perhatikan daerah perut

Makin hari perut membesar. ini tandanya bagus bermakna perkembangan janin prima. bila demikian mesti mulai mempersiapkan baju hamil. jauhi memakai pakaian ketat. tidak butuh cemas banyak pakaian hamil yang modis serta nyaman serta tidak menghimpit perut. makin besar kehamilan ibu, baiknya lakukan tidur dengan posisi miring supaya peredaran darah dari ibu ke janin lancar. posisi telentang terlampau lama tidak disarankan untuk wanita hamil.

Pembesaran perut ini juga punya pengaruh pada keseimbangan tubuh. terus melindungi keseimbangan dengan posisi tubuh tegak waktu jalan supaya tidak terpeleset atau jatuh. apabila ada benda di lantai yang dapat di ambil, ibu hamil baiknya menekuk satu lutut dengan hati hati. baiknya tidak segera membungkukkan badan. dapat terjatuh dikarenakan tubuh tidak seimbang.

5. Kebersihan tangan

Ibu hamil harus menjaga kebersihan tangan juga kuku. Selalu mencuci tangan setiap kali selesai melakukan pekerjaan dan sebelum makan. Suka memelihara binatang ? Hati hati ya dengan kucing dan kelinci dan unggas. Atau mungkin hobby menanam bunga ? Gunakan sarung tangan agar tidak terkontaminasi dengan pupuk atau kotoran hewan.

Ingat diare kadang disebabkan hal yang remeh dan sepele. Tetapi bisa berbahaya untuk ibu hamil. Badan jadi lemah, kekurangan cairan dan infeksi saluran cerna. Bagi yang suka bermain dengan kucing, anjing, kelinci atau unggas. Hati - hati juga dengan resiko penyebaran virus toksoplasmosis melalui binatang dan unggas melalui kotoran hewan tersebut.

6. Kebersihan tubuh

Merawat kebersihan tubuh sangat penting. Namun bagi ibu hamil yang memiliki riwayat keguguran berulang hendaknya mengurangi stimulasi menarik - narik buah dada saat hamil muda karena bisa merangsang hormon oksitosin dan menyebabkan kontraksi rahim.

Perhatikan kebersihan buah dada dan tubuh dengan mandi teratur sehari tiga kali. Hal ini sangat penting agar kulit sehat, peredaran darah ke seluruh tubuh lancar. Pembesaran ukuran buah dada membuat ibu sedikit kurang nyaman pada awal kehamilan hingga menjelang akhir kehamilan. Gunakan Bra atau BH yang sesuai ukurannya.

7. Kebersihan daerah alat kelamin

Selama hamil harus lebih hati - hati menjaga kebersihan alat kelamin. Kuman bisa masuk lewat alat kelamin yang terinfeksi. Maka biasakan membersihkan daerah alat kelamin dengan benar. bersihkan dengan air yang bersih dari arah depan alat kelamin baru bagian ke belakang. Tidak perlu menggunakan antiseptik pencuci alat kelamin karena akan membunuh kuman baik yang ada di daerah fatal yang akan melawan serangan kuman penyakit yang mencoba masuk ke dalam rahim.

Sering mengganti pakaian dalam. Mengenakan celana dalam yang berbahan katun dan longgar. Menjaga agar celana dalam selalu kering dan bersih. Jangan cemas dengan keputihan karena hal ini akibat perubahan hormonal. Kecuali bila keputihan berubah bau busuk, warna hijau atau kuning kental disertai gatal. Bila ada penyakit kelamin suami juga harus diobati agar tidak terjadi infeksi silang atau saling menularkan saat berhubungan.

8. Latihan fisik dan olahraga

Jika tidak ada larangan dari dokter atau bidan untuk senam hamil, penting melakukan senam hamil. Tujuannya agar memperkuat otot dasar panggul, meningkatkan daya tahan tubuh, melatih pernafasan dan memperlancar peredaran darah. Jika tidak sempat senam boleh digantikan dengan latihan jalan kaki tiap hari selama tigapuluh menit.

Ada beberapa keadaan kehamilan yang beresiko keguguran tidak memperbolehkan ibu jalan kaki bahkan harus bed rest total .Ya apa boleh buat, sebaiknya dinikmati saja. Sebagai gantinya di atas tempat tidur anda bisa melakukan gerakan senam Kegel. Bersyukurlah pada Tuhan masih bisa hamil dengan segala konsekwensinya demi keselamatan buah hati .

9. Perhatian khusus daerah kaki

Hindari memakai sepatu bertumit tinggi. Ibu hamil sebaiknya menggunakan sepatu yang tidak bertumit tinggi agar tidak terjadi pembendungan pembuluh darah pada daerah kaki. Pada saat tidur atau berbaring usahakan tungkai kaki selalu dalam posisi lebih tinggi. Bila harus bekerja dengan sepatu tumit tinggi hati - hati berjalan jangan sampai jatuh akibatnya bisa fatal.

Sesekali baik juga merendam kaki dengan air hangat yang diberi garam. Suami bisa membantu memijat daerah kaki istri saat hamil dengan minyak zaitun atau lotion lembut sambil duduk di kursi. Hal ini membantu melancarkan peredaran darah,mencegah varises bertambah parah, mengurangi keluhan kram dan pegal di kaki.

10. Relaksasi dan beri kesempatan tubuh untuk beristirahat

Ibu hamil akan mengeluarkan energi ekstra untuk proses metabolisme tubuh dan penggantian sel sel tubuh yang rusak. Kapan semua itu berlangsung ? ketika kita relaks dan tidur. Berapa lama waktu yang baik untuk istirahat ? Pada siang hari cukup satu atau dua jam dan malam sekitar delapan jam.

Jangan heran kadang saat tidur ibu hamil sering mimpi buruk. Tak perlu mengkaitkan dengan mitos. Hal itu wajar kadang ada rasa cemas yang terpendam dibawah sadar lalu terungkap dalam mimpi saat tidur. Oleh karena itu saling berbagi suka duka sangat penting antar suami istri saat kehamilan agar mengurangi beban stres mental dan fisik.

11. Konsumsi makanan yang bergizi

Pada saat seorang ibu sedang mengandung, maka makanan yang bergizi adalah faktor yang paling penting untuk menentukan kesehatan janin yang berada di dalam kandungan. Jika anda sedang hamil maka anda di wajibkan untuk mengkonsumsi makanan makanan yang bergizi, penuh oleh nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil. Anda dapat mengkonsumsi makanan sepertisayur sayuran hijau, buah buahan, dan dan sebagai suplemen ibu hamil dapat mengkonsumsi susu ibu hamil, meskipun tidak wajib.

12. Istirahat yang cukup

Untuk seorang ibu hamil memang harus lebih banyak beristirahat, setelah melakuakn beberapa aktifitas maka selanjutnya anda dapat beristirahat untuk rileksasi pikiran dan tubuh yang telah lelah. Seorang ibu hamil harus meluangkan banyak waktu untuk beristirahat, karena dampaknya akan sangat berbahaya untuk seorang ibu amil ang terlalu banyak beraktifitas dan terlalu lelah.

13. Perhatikan lingkungan

Untuk ibu hamil biasanya mereka lebih sangat sensitif, mudah merasa lelah, mudah terserang beberapa penyakit dan lainnya. Untuk mengatasi hal tersebut dan tentunya juga untuk membuat seorang ibu hamil dan buah hati di dalam kandungannya sehat, maka lingkungan juga harus di perhatiakan. Lingkungan adlaah salah satu faktor yang dapat menyebabkan kesehatan seseorang, maka hal tersebut juga harus di perhataikan untuk ibu hamil, karena dampaknya akan di rasakan oleh janin yang berada di dalam kandungannya juga.

14. Biasakan untuk Kontrol ke dokter

Untuk tips menjaga kehamilan berikutnya adalah dengan cara sering mengontol kondisi kehamilan, melakukan pemeriksaan kehamilan sehingga dengan anda mengontrol kehamilan anda , maka anda dapat mengetahui tentang perkembangan kehamilan anda. dokterpun akan memberi panduan khusus untuk anda sehingga anda akan mendapatkan kesehatan dan janin anda pun tentunya akan sangat terjaga.

Nah Itulah sahabat sehat tips cara menjaga kesehatan kehamilan pada wanita, Jagalah kehamilan Anda dengan baik dan pastikan sang buah hati Anda terlahir dengan sehat, amin. Semoga artikel ini bisa bemanfaat untuk Anda.

-:(ref:berbagi-10)