Cara Perawatan Bagi Pemilik Rambut Keriting

Inilah cara perawatan bagi pemilik rambut keriting. Rambut merupakan perhiasan berharga yang harus dilindungi keberadaannya. Dalam hal keindahan rambut, sebagian besar wanita menyukai rambut lurus dibandingkan dengan rambut berombak atau rambut keriting, akan tetapi ada juga yang ingin rambutnya keriting. Maka tidak heran pada jaman sekarang ini banyak wanita dan pria keluar masuk salon.

Namun demikian memiliki rambut keriting bukanlah sebuah kesalahan, bagaimanapun juga rambut keriting memiliki daya tarik tersendiri yang tidak dimiliki oleh rambut lurus. Masalah perawatan, merawat rambut keriting juga tidak sesulit merawat rambut lurus, hanya tinggal bagaimana ketekunan dan usaha Anda untuk merawatnya.

Bagi Anda pemiliki rambut keriting, pasti saja bisa tetap terlihat keren, cantik dan anggun. Agar memiliki rambut keriting dengan kriteria tersebut ada beberapa perawatan sederhana yang dapat Anda lakukan, antara lain:

1. Jangan Keramas Berlebihan

Jika kebanyakan orang melakukan keramas setiap dua hari sekali, maka bagi pemiliki rambut keriting sebaiknya lebih mengurangi rutinitas ini. Dengan intensitas keramas yang terlalu sering dapat menyebabkan kondisi rambut menjadi lebih kering. Sebaiknya melakukan keramas setiap dua kali dalam seminggu. Selain itu, pilihlah shampoo dengan jenis yang ringan untuk rambut.

2. Hati-Hati Saat Mengeringkan Rambut

Pengeringan rambut menggunakan hair dryer atau jenis alat pengering lainnya adalah cara yang mudah dan cepat untuk dilakukan. Namun untuk jenis rambut keriting jangan melakukan pegeringan menggunakn alat tersebut, hal ini akan membuat rambut menjadi bercabang. Biarkan rambut kering dengan handuk agar menyerap uap air dengan baik.

3. Memotong Rambut Secara Teratur

Jenis rambut keriting memiliki kemampuan yang rendah dalam menyerap air dan cenderung cepat kering. Karena itu lakukan pemotongan rambut secara teratur untuk mengurangi rambut yang bercabang. Lakukan pemotongan setiap delapan minggu atau dua bulan sekali, sehingga rambut terlihat sehat.

4. Memakai Jenis Kondisioner yang Tepat

Rambut keriting memiliki tekstur yang cenderung lebih kering. Maka dari itu diperlukan kelembaban agar tetap terlihat sehat. Untuk merawatnya gunakan kondisioner sebagai pelembab. Pakailah secara teratur setelah mandi untuk merawat rambut keriting Anda.

5. Jeli dan Teliti Melihat Produk Perawatan untuk Rambut

Bagi kaum pria biasanya menggunakan gel atau styling cream untuk membentuk gaya rambut. Khusus untuk rambut keriting jangan menggunakan produk yang mengandung SLS atau Laurel Natrium Sulfat, karena akan merusak rambut secara permanen.

6. Cermat Dalam Memilih Produk Untuk Rambut

Dalam menggunakan produk untuk rambut lakukan pilihan dengan seksama, cermati saat memilih styling krim dan gel untuk rambut keriting. Memintalah saran pada ahli rambut dalam memilih krim yang cocok untuk rambut ikal adalah hal terbaik yang bisa anda lakukan. Jangan menggunakan produk rambut yang mengandung natrium sulfat sebab akan bisa merusak rambut anda secara permanent.--:)ref: doktersehat.com

Demikian artikel kali ini cara perawatan bagi pemilik rambut keriting. Pastikan Anda meneliti merek dan kulitas produk perawatan rambut jika Anda ingin membeli. Semoga artikel di atas bisa membantu dan bermanfaat untuk Anda.

Baca Juga Yuk: Cara Meluruskan Rambut Keriting Secara Alami dan Cepat, Tips Wajib Untuk Pemilik Rambut Keriting.