Khasiat dan Manfaat Buah Lemon

Inilah khasiat dan manfaat buah lemon yang perlu Anda ketahui. Buah lemon sangat kaya akan kalsium, vitamin C, magnesium, dan kalium, yakni mineral dan antioksidan yang baik untuk kesehatan kulit. Buah lemon memang punya banyak khasiat yang baik untuk tubuh terutama untuk kesehatan dan kencantikan.

Bisa Anda dapatkan kesehatan dan kecantikan hanya dengan buah lemon, ini dia 10 khasiat dan manfaat buah lemon, antara lain:

1. Mengatasi Jerawat

Karena di buah lemon banyak terdapat kandungan antibakteri dan jamur, maka lemon sangat ampuh di gunakan untuk mengatasi masalah jerawat. Cara mengaplikasikannya sangat mudah, cukup iris lemon beberapa bagian, kemudian gosok ke wajah. Untuk menghilangkan noda hitam bekas jerawat Anda bisa mencampur lemon dengan madu dengan menggunakan seperti masker dan diamkan selama 10-15 menit, kemudian bilas dengan air dingin.

2. Mencerahkan Kulit

Ingin kulit cerah dan putih alami maka gunakan lemon. Hal ini terbukti dengan adanya asam di lemon yang dapat mencerahkan kulit. Selain mencerahkan kulit, lemon juga dapat menghilangkan bintik-bintik hitam di wajah dan bekas jerawat.

3. Memutihkan Gigi

Cara gampang dan mudah memutihkan gigi, Anda tidak perlu repot-repot ke klinik dan mengeluarkan banyak duit untuk membuatnya tampak putih. Caranya sangat gampang, cukup campur lemon dengan baking soda, kemudian tempatkan di gigi selama satu menit saja. Anda bisa membersihkannya dengan sikat gigi.

4. Mengatasi Wajah Berminyak

Karena kandungan asam di dalam lemon sangat tinggi, maka lemon juga bisa mengatasi wajah berminyak. Lakukan dengan cara mengiris lemon kemudian gosok ke wajah. Sangat baik dilakukan saat sebelum tidur dan bilas muka ketika bangun tidur.

5. Membuat Rambut Berkilau

Dengan lemon, rambut Anda juga bisa berkilau tanpa harus pergi ke salon. Kombinasikan jus lemon dan conditioner, sisir, dan jemur di bawah sinar matahari dalam beberapa jam, lalu cuci. Ulangi cara ini sekali dalam seminggu dan rambut diyakini akan lebih berkilau.

6. Membuat Kuku Kuat dan Putih

Bila kuku Anda rapuh dan mudah sekali patah, kenapa tidak mencoba lemon untuk mengatasinya. Caranya cukup campurkan perasan jeruk lemon dengan minyak zaitun, lalu rendam kuku Anda ke dalamnya. Selain membuat kuku kuat, rendaman ini juga akan membuat kuku lebih putih.

7. Mengatasi Ketombe dan Kulit Kepala Kering

Minyak kelapa, minyak zaitun, madu, dan lemon dapat menjadi alternatif untuk perawatan rambut yang berketombe dan kering. Caranya cukup campur semua bahan di atas, kemudian aplikasikan ke rambut selama 15 menit, lalu bersihkan sampai bersih.

8. Membuat Bibir Lebih Lembab

Irisan lemon dapat menjadi perawatan bibir yang kering. Gosokkan ke bibir, dan kemudian cucilah dengan perlahan. Buah lemon akan mengangkat sel kulit mati sehingga bekas lipstik pun hilang dengan sempurna dan bibir jadi lebih sehat.

9. Membersihkan Wajah dan Kulit Tubuh

Cobalah membersihkan wajah dengan buah lemon dan merawat kulit dengannya. Buah satu ini sangat efektif menyingkirkan kotoran dan bakteri, serta melembabkan kulit di saat yang sama.

10. Memutihkan Kulit Ketiak

Dengan rutin melakukan perawatan di atas, Anda akan terlihat cantik alami. Dan untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan perawatan di atas seminggu 3 kali.
(Ref: Kompas.com)--:)

Nah,, itulah sahabat sehat begitu banyak khasiat dan manfaat buah lemon. Semoga artikel diatas bisa bermanfaat untuk Anda.

Baca juga yuk: khasiat dan manfaat madu untuk tubuh dan khasiat dan manfaat kunyit untuk tubuh.