9 Jenis Makanan Ini Agar Tidak Cepat Lapar dan Kenyang Lebih Lama

Artikel sehat tentang 9 jenis makanan agar tidak cepat lapar dan kenyang lebih lama untuk Anda konsumsi. Lapar memang sudah menjadi kebiasaan kita sebagai manusia dan maka itu wajar kita cari makanan agar perut pun terasa kenyang.

Jika Anda sering makan akan tetapi perut pun terus lapar? Janagn Anda hawatir lagi untuk menghindari hal tersebut, karena ada beberapa makanan yang dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Berikut adalah contoh makanan yang dapat membuat Anda kenyang lebih tahan lama seperti yang dikutip dari wolipop.detik.com, antara lain:

1. Sayuran hijau
Alasan utama kenapa sayuran hijau banyak ditambahkan sebagai menu diet adalah sayuran mengandung banyak serat sehingga baik untuk pencernaan dan menghindarkan Anda dari keinginan untuk nyemil.

2. Telur
Sebuah studi yang dilakukan Pusat Penelitian Pennington Biomedical di Los Angeles menemukan, bahwa orang-orang yang kelebihan berat badan dan mengonsumsi telur saat sarapan, cenderung bisa menahan lapar. "Telur adalah kombinasi sempurna antara protein dan lemak, sehingga lebih memuaskan perut dibanding sarapan lainnya," ujar Julie Kaye, MPH, RD, CDN, seorang ahli diet dari New York. Masih ragu makan telur karena kolesterol? Kaye juga menambahkan, "meskipun kandungan lemak dalam kuning telur cenderung tinggi, itu bukanlah penyebab utama kolesterol darah meningkat," jelas Kaye. Jika Anda masih khawatir, Anda bisa mencoba putih telur cair, yang juga mengandung protein dan dapat mencegah kelaparan lebih lama.

3. Alpukat
Buah hijau satu ini selain lezat, juga memiliki banyak manfaat dengan kandungan serat serta lemak tak jenuh di dalamnya. "Tinggi serat dan kaya lemak, sehingga membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna, dan memungkinkan Anda untuk kenyang lebih lama," ungkap Erin Palinski, RD, CDE, LDN, CPT, penulis 'Belly Fat Diet for Dummies'. Penelitian juga menunjukkan bahwa asam oleat dan lemak tak jenuh dalam alpukat, akan mempengaruhi otak untuk berpikir perut sudah penuh sehingga Anda pun tidak akan cepat lapar.

4. Kacang-kacangan
Satu porsi kacang-kacangan akan membuat perut terasa penuh lebih lama karena kandungan protein, karbohidrat kompleks dan lemak baik di dalamnya. Menurut Julie McGinnis, MS, RD, seorang ahli diet, "Gula darah yang stabil karena konsumsi jenis kacang-kacangan akan membuat perut terasa kenyang lebih lama," ungkapnya.

5. Lada Merah
Rempah-rempah satu ini adalah salah satu makanan yang bisa menekan nafsu makan Anda. Penelitian dari Universitas Purdue di West Lafayette, IN, menemukan bahwa orang yang menambahkan setengah sendok teh lada merah untuk makanannya, akan mengonsumsi 60 kalori lebih sedikit saat makan berikutnya. Untuk Anda yang sedang diet, menambahkan setengah sendok teh cabai bubuk atau lada dalam makanan akan membantu menghilangkan 10 kalori pada tubuh.

6. Air
Tentunya Anda tahu bahwa air memiliki banyak manfaat bagi tubuh dan salah satunya adalah mengontrol nafsu makan. Kandungan H2O di dalamnya sangat penting untuk menjaga organ, sendi, jaringan dan fungsi sistem pencernaan dengan baik, sekaligus membatasi nafsu makan, seperti yang diungkapkan Elizabeth DeRobertis, MS, RD, CDN, CDE, seorang ahli diet. Studi menunjukkan bahwa partisipan yang minum dua gelas air sebelum makan, mengonsumsi 75 - 90 kalori lebih sedikit dibandingkan orang yang tidak minum air sama sekali.

7. Yogurt
Kaya kalsium dan rendah gula serta kandungan protein yang tinggi adalah salah satu faktor utama tubuh akan merasa kenyang lebih lama. "Makanan kaya protein juga mengandung lemak dalam jumlah tertentu, yang akan menahan nafsu makan," ujar Kaye.

8. Sup
Makanlah sup jika Anda ingin mengurangi porsi makan Anda. Sebuah penelitian terbaru dari Pennsylvania State University mengungkapkan, perempuan yang mengonsumsi satu porsi sup untuk sarapan, makan 100 kalori lebih sedikit saat makan siang dibanding wanita yang makan nasi saat sarapan. Kandungan air yang tinggi dalam sup, serta sayuran yang ada di dalamnya akan membuat tubuh kenyang lebih lama. Namun pastikan Anda mengkonsumsi sup yang cair dan bukan krim.

9. Kacang Almond
Semua jenis kacang-kacangan memiliki lemak sehat yang baik untuk jantung, namun kacang almond mengandung paling banyak serat, sehingga akan membuat Anda lebih kenyang. "Makan sekitar 15 almond saat siang dan makan malam dapat mencegah kelaparan dan perasaan ingin ngemil di sore hari," ungkap Kaye. Sebuah studi menunjukkan bahwa tubuh tidak dapat menyerap semua lemak dalam almond, sehingga memungkinkan asupan kalori lebih rendah saat dikonsumsi. Namun ingat, Anda tetap tidak boleh memakannya secara berlebihan. Kaye menambahkan, terlalu banyak makan almond akan merusak selera Anda ketika makan siang, sehingga asupan kalori harian tidak tercukupi.

Nah itulah sahabat sehat 9 jenis makan agar tidak cepat lapar dan kenyang lebih lama. Agar terasa kenyang Anda lebih lama konsumsi makanan yang dapat membuat Anda selalu merasa kenyang agar Anda terhindar dari kebiasaan makan secara berlebihan.