Cara Mengatasi Nyeri Pinggang Saat Hamil

Inilah cara mengatasi nyeri pinggang saat hamil. Nyeri pinggang emang sudah biasa di keluhkan oleh wanita hamil akan tetapi nyeri terkadang merasa menggangu dalam beraktivitas, walaupu nyeri sudah biasa di alami oleh wanita saat hamil namun harus tetap mendapat perhatian.

Nyeri pinggang terjadi karena adanya pembesaran rahim dan perut yang mengakibatkan terjadinya perengangan otot-otot tubuh ibu hamil, mulai dari pangkal paha, perut, pinggang dan sepanjang tulang punggung sebagai tanda tubuh ibu hamil mempersiapkan ruang yang cukup untuk tumbuh kembang janin dalam rahim.

Anda mengalami nyeri saat hamil? Anda tidak perlu khawatir karena umumnya, sakit nyeri selama kehamilan ini bisa dicegah bahkan atasi, Berikut adalah cara mengatasi nyeri pinggang saat kehamilan seperti yang dikutip dari health.kompas.com, antara lain:

nyeri pinggang

Mengapa ibu hamil mengeluh nyeri pinggang?

Perlu kita ketahui bahwa pembesaran rahim juga perut ibu akan menimbulkan peregangan dari otot otot tubuh ibu hamil, mulai dari pangkal paha, pinggang dan perut dan sepanjang tulang punggung. Peregangan ini merupakan hal normal dan wajar sebagai salah satu tanda bahwa tubuh ibu mempersiapkan ruang yang cukup luas untuk bertumbuhnya janin dalam rahim.

Selain hal itu, pembesaran perut akibat kehamilan yang terus berkembang mengakibatkan keseimbangan tubuh ibu juga sedikit terganggu. Oleh karena itu, tak heran bila kita kadang melihat seorang ibu hamil berjalan cenderung mencondongkan tubuh ke arah belakang. Kebiasaan ini sebaiknya dihindari karena akan membuat rasa nyeri di bagian pinggang.

Upaya mengurangi nyeri:

- Bagi ibu yang bekerja dengan posisi lebih banyak berdiri, sebaiknya Pertahankan posisi sikap berdiri dengan tegak, punggung lurus dan sejajar bahu. Jangan membungkuk atau melengkungkan punggung ke arah belakang

- Bila duduk upayakan tulang punggung berada posisi sejajar dengan sandaran kursi dan kedua kaki menapak pada lantai

- Hindari posisi berdiri terus menerus selama 6 jam

- Bila ibu hamil bekerja di kantor dengan posisi lebih banyak duduk maka jangan lupa selalu perbaiki posisi duduk atau lakukan koreksi posisi duduk setiap beberapa saat berselang, bila perlu untuk mendapat posisi duduk yang lurus ganjal bagian punggung dengan bantal tipis

- Lakukan senam ringan untuk relaksasi pada saat jam istirahat kantor, mulai dengan relaksasi otot - otot leher, punggung dan pinggang, lakukan relaksasi dengan menarik nafas panjang dan dalam lalu hembuskan perlahan melalui mulut. Hal ini sebaiknya dilakukan setiap keluhan nyeri timbul

- Bila hendak ibu hamil harus melakukan gerakan membungkuk untuk mengambil sesuatu di lantai maka posisi yang aman agar tidak menambah keluhan nyeri pinggang adalah dengan sikap awal berdiri tegak lalu tekuk salah satu lutut dan pertahankan punggung agar tetap lurus lalu pelan - pelan lenturkan punggung ke arah depan .Pada saat berdiri lakukan dengan hati - hati agar keseimbangan terjaga.

- Mandi air hangat atau berendam dengan air hangat yang sudah dibubuhi garam sambil dilakukan pijatan ringan pada daerah pinggan dan sepanjang tulang belakang punggung, arah gerakan melingkar.

- Posisi saat tidur terbaik bagi ibu hamil adalah posisi miring ke arah kiri untuk memperlancar peredaran darah dari ibu ke bayi . Posisikan kedua kaki di ganjal bantal tipis di antara kedua lutut.

- Bila tidak ada larangan atau kontra indikasi dari dokter sehubungan dengan kehamilan maka ibu hamil disarankan agar melakukan olahraga senam hamil, latihan pernafasan juga jalan kaki setiap hari selama 30 menit sampai dengan 60 menit

- Terakhir, terimalah semua perubahan fisik dan psikologis selama kehamilan dengan hati yang besar, bersyukur atas kehamilan yang dialami dan terima semua itu sebagai salah satu warna- warni pengalaman menjadi seorang ibu, jangan tenggelam dalam keluhan dan merasa sebagai beban. Ingat tak semua perempuan mendapat anugerah untuk bisa hamil, jadi bersyukurlah kendati harus merasa sedikit kurang nyaman.

Bila nyeri sangat mengganggu aktivitas dan tak tertahankan terutama pada bagian tulang ekor atau ibu pernah mempunyai riwayat sakit punggung akibat terjatuh dan mengalami HNP sebaiknya ibu hamil berkonsultasi dengan tenaga kesehatan baik dokter maupun bidan yang merawat.

Nah itulah sahabat sehat cara mengatasi nyeri pinggang saat hamil. Semoga artikel di atas bisa bermanfaat untuk Anda serta dapat membantu mengatasi nyeri saat kehamilan.

Baca: 10 Penyebab Wanita Sulit Hamil dan Tanda-Tanda Kehamilan Muda