Obat Alami Untuk Mengatasi Batuk

Obat alami untuk mengatasi batuk. Batuk adalah iritasi tenggorokan di sebabkan oleh lendir, makanan, kotoran, dan lainya. Batuk terkadang amat sulit sembuh meski sudah minum obat ataupun sirup. Batuk menjadi bentuk pertahanan tubuh yang terjadi secara reflek, sehingga bisa mengeluarkan dahak yang berasal dari saluran pernapasan.

Terjadinya batuk pada diri kita, bisa disebabkan oleh berbagai faktor, baik faktor internal dan eksternal tubuh. Biasanya batuk di awali oleh gejala pilek, namun ada juga batuk yang disebabkan oleh virus penyebab batuk.

Jika Anda ingin mengobati batuk, ada baiknya Anda megobatinya dari bahan alami, selain tidak akan menimbulkan efek samping dan juga aman bagi kesehatan. Ada 'resep' obat batuk dari bahan alami yang bisa Anda coba, antara lain:

Berikut Obat Batuk Alami:

1.Madu dan Lemon

Campuran madu serta lemon sudah dipercaya dari turun-temurun untuk menyembuhkan batuk. Anda dapat mencampur 1 sendok teh madu, 1-2 sendok teh sari lemon ke dalam segelas air hangat. Minum sehari minimal satu kali sampai batuk benar-benar pergi.

2. Jeruk nipis

Selain untuk masakan, jeruk nipis sudah dikenal sejak dulu memiliki banyak khasiat termasuk mengobati batuk. Ramuan jeruk nipis ini bisa dipadukan dengan madu atau kecap. Caranya:

Jeruk nipis dan madu: Siapkan perasan jeruk nipis 1 banding satu dengan madu. 1 sendok jeruk nipis tambah 1 sendok madu. Minum 2-3 kali sehari rutin sampai batuk sembuh.
Jeruk nipis dan kecap: masih sama, yaitu 1 banding 1, 1 sendok perasan jeruk nipis tambah 1 sendok madu. Minum 2-3 kali sehari secara rutin.

3. Teh Jahe

Indonesia memiliki rempah yang melimpah termasuk jahe. Memadukan teh dengan jahe ternyata bisa bermanfaat untuk mengobati batuk. Caranya: siapkan 2-3 irisan jahe yang telah dibersikan, kemudian campurkan pada segelas teh hangat. Minum sebanyak 2-3 kali sehari secara teratur hingga batuk reda.

4. Belimbing wuluh

Belimbing wuluh yang dikenal dengan rasanya yang cukup asam ternyata bisa dijadikan sebagai obat tradisional untuk mengatasi batuk. Caranya: siapkan 10 buah blimbing wuluh, bersihkan lalu parut hingga halus. Masukan dalam gelas kemudian tambahkan air dan sedikit garam. Setelah itu saring campuran tadi dan buang ampasnya. Minum hasil saringan tadi sebanyak 2 kali sehari pagi dan sore.

Untuk Anda yang mengalami batuk berdahak, berikut obat batuk berdahak:

Bagi penderita batuk yang disertai dahak bisa memanfaatkan tanaman obat dibawah ini:

- Jahe dan Kencur

Siapkan Jahe secukupnya dan juga sedikit kencur. Parut jahe hingga halus kemudian campur dengan kencur. Setelah itu rebus dengan segelas air hingga mendidih. Minum hasil rebusan tadi selagi hangat. lakukan hal tersebut sehari 2 kali.

- Jahe dan Daun Sirih

Caranya: rebus 7 lembar daun sirih dengan sedikit potongan jahe dengan 2 gelas air. Biarkan mendidih hingga tersisah 1 gelas saja. Minum rebusan tadi minimal 1 kali sehari.

Untuk Anda yang mengalami batuk kering, berikut obat batuk kering:

Bagi penderita batuk kering bisa memanfaatkan beberapa tanaman dan rempah dibawah ini:

- Jahe Merah

Rempah yang satu ini ampuh mengatasi batuk kering. Caranya: Siapkan jahe merah sebanyak sepotong ibu jari. Kemudian kunyah hingga halus telan airnya dan buang ampasnya.

- Kunyit dan Merica

Kunyit sudah sejak lama dikenal sebagai tanaman yang kaya akan kandungan antibiotik. Kandungan tersebut mambu mengatasi peradangan saluran pernafaasan yang mengakibatkan batuk kering. Caranya: siapkan bubuk kunyit sebanyak 1 sendok makan dan merica setengah sendok teh. Masukan campuran tersebut pada air mendidih kemudian aduk hingga rata. Minum ramuan tadi selagi hangat sebanyak 2 kali sehari.

- Minum Air Putih

Obat terbaik untuk batuk kering adalah minum air putih. Air putih akan membantu meredakan rasa kering dan gatal di tenggorokan. Memperbanyak konsumsi air putih akan meminimalisir terjadinya lecet pada tenggorokan.

- Minum teh herbal

Punya problem tenggorokan yang mengganggu, lebih baik siapkan secangkir teh herbal yang hangat. Teh herbal ini akan membantu mencegah infeksi di tenggorokan. Bakteri-bakteri akan mati sehingga sakit tenggorokan tidak parah. --:) ref: likethisya.com

Demikian artikel kali ini mengenai obat alami untuk mengatasi batuk yang bisa Anda coba di rumah. Masih banyak lagi jenis-jenis tanaman yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi batuk. Semoga artikel ini bisa membantu dan bermanfaat untuk Anda.