11 Cara Alami Mengatasi Bibir Kering dan Pecah Dengan Cepat

Artikel kesehatan tentang cara alami mengatasi bibir kering dan pecah-pecah dengan cepat serta mudah. Bibir merupakan bagian yang paling sensitif dari seluruh lapisan kulit sehingga tak heran jika bibir sering mengalami gangguan seperti bibir kering bersisik, retak serta pecah-pecah.

Jika Anda mengalami bibir kering dan pecah-pecah mungkin dikarenakan keselahan dalam penggunaan kosmetik atau kurangnya mengkonsumsi air putih, sebaiknya Anda jangan khawatir disini ada beberapa cara untuk mengatasi hal tersebut, antara lain:

1. Mentega atau Minyak Kelapa
Oleskan minyak kelapa atau mentega pada bibir Anda setiap kali terlihat kering. Asam lemak dalam minyak kelapa dapat menyembuhkan kulit kering pada bibir dan melembapkannya. Selain itu, mentega dan minyak kelapa juga membantu menyingkirkan warna bibir yang gelap.

2. Madu
Ambil setetes madu pada ujung jari Anda dan pijat bibir kering Anda dengan itu. Madu dapat melembutkan dan melembapkan bibir Anda, serta mencegahnya dari retak.

3. Lemon dan Madu
Ini adalah salah satu pengobatan rumah yang paling efektif untuk mengobati bibir kering dan pecah-pecah. Lemon dapat mengelupas kulit, menghilangkan sel-sel kulit mati dan juga membersihkan kulit. Campurkan perasan lemon dan beberapa tetes madu. Oleskan ramuan ini pada bibir yang kering dan pecah-pecah. Lakukan ini dua kali sehari untuk mendapatkan hasil terbaik.

4. Tomat
Pijat bibir Anda dengan sepotong irisan tomat. Tomat dapat menyembuhkan masalah bibir kering secara alami. Anda juga dapat menambahkan beberapa tetes madu pada irisan tomat tersebut sebelum mengoleskannya pada bibir.

5. Irisan Mentimun
Mentimun mengandung banyak air. Pijat bibir Anda dengan irisan mentimun sebanyak dua kali sehari untuk mengobati bibir kering. Mentimun mengandung banyak vitamin C yang dapat melembapkan bibir Anda.

6. Wortel
buah ini sangat ampuh untuk mengatasi bibir kering, mampu melembabkan kulit bibir, membuang kulit mati dan sekaligus memerahkan warna bibir yang menghitam. Untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah, buah wortel ini diolah menjadi jus dan masker wortel. Pengolahannya, ambil satu buah wortel segar, dicuci bersih, dikupas lalu diparut hingga benar-benar halus.

Disaring airnya lalu diambil ampasnya. Airnya diminum langsung, sementara ampasnya dioleskan ke bibir yang kering dengan gerakan halus dari area bawah bibir keatas bibir. Lakukan setiap hari untuk hasil yang maksimal.

7. Ekstrak Lidah Buaya
Selain merawat kulit kering, ekstrak lidah buaya juga dapat dioleskan pada bibir kering dan pecah-pecah. Ekstrak lidah buaya juga membantu dalam melembapkan dan menjaga kulit tetap lembut.

8. Jeruk
Buah ini dapat dimanfaatkan untuk mengatasi bibir kering karena banyak mengandung vitamin yang dapat melembabkan kulit bibir. Dianjurkan untuk mengonsumsinya secara langsung tanpa perlu diolah terlebih dahulu menjadi jus. Buah jeruk ini cukup dikonsumsi 10 mg per kali berat badan. Misalnya berat badan kamu 40kg maka buah jeruk yang kamu konsumsi cukup 10mg x 40kg yaitu sama dengan 4 buah jeruk perhari.

Untuk yang ingin mengonsumsi jeruk sebagai jus, sebaiknya rutin dikonsumsi 2 gelas setiap hari sebelum dan sesudah makan. Cara mengolahnya, ambil tiga buah jeruk matang, dikupas dan dibuang kulit serta bijinya. Masukkan ke dalam blender dan tambahkan 50 ml air putih, 20 ml air gula dan 200 gr es batu. Lalu blender hingga halus dan disaring.

9. Hindari Lipstik
Lipstik dapat mengeringkan bibir dan membuatnya semakin pecah-pecah. Jika bibir Anda kering, hindari pemakaian lipstik atau pemulas bibir berbahan kimia lainnya, seperti lip balm dan lip gloss, untuk sementara waktu.

10. Minum Banyak Air
Dehidrasi adalah salah satu penyebab di balik bibir kering dan pecah-pecah. Minum banyak air untuk tetap terhidrasi dan menjaga kulit tetap lembap.

11. Banyak Mengkonsumsi Sayur dan Buah
Cara ini adalah cara paling efektif dalam mencegah dan mengobati bibir kering dan pecah-pecah. Mengkonsumsi sayur dan buah yang mengandung vitamin C, B, E dan mineral akan sangat membantu tubuh dalam mengatasi dehidrasi dan kekurangan cairan yang dapat menyebabkan bibir pecah-pecah. -:)(ref: arhamvhy.blogspot.com)

Nah itulah ada beberapa tips 11 cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu dan bermanfaat unutk Anda.