Inilah 7 Cara Membersihkan Ketombe

Inilah tips-tips bagaimana cara membersihkan ketombe yang aman dan cepat. Ketombe bisa membahayakan pada kulit kepala karna bisa membuat gatal pada kulit kepala, krontokan serta penipisan rambut.

Ketombe merupakan masalah yang cukup serius, ketombe muncul bisa karena perawatan yang kurang bersih, oleh karena itu segeralah mengambil langkah untuk menghilangkan serpihan putih yang termasuk menggangu.

Nah disini Anda bisa baca ulasan lengkap tujuh cara membersihkan ketombe dalam waktu singkat. Sebagai berikut:

1. Madu
Dr. Maloney, seorang dokter naturopati atau ahli obat alami, menyarankan agar Anda mengoleskan madu yang telah dicampur air, lalu diamkan selama tiga jam. Setelah itu, cuci hingga bersih. Madu akan membuat ketombe hilang dalam satu minggu.

2. Shampoo Tree Tea Oil
Shampoo yang mengandung tree tea oil dapat mengurangi ketombe karena mengandung minyak esensial yang merupakan antiseptik alami sebagai obat anti jamur. Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Journal of the American Academy of Dermatology edisi 47, kandungan tree tea oil merupakan obat yang efektif dalam memberantas ketombe.

3. Konsultasi dengan Penata Rambut
Terkadang, ketombe disebabkan oleh kesalahan pemakaian produk yang tidak cocok dengan jenis rambut Anda. Jika tidak ingin rambut semakin bermasalah, sebaiknya konsultasikan hal itu dengan sang penata rambut untuk mendapat pengarahan produk mana yang sesuai dengan rambut Anda.

4. Gunakan Shampoo Khusus Bila Rambut Berminyak

Bila rambut Anda berminyak dan ketombean, coba gunakan shampoo yang dikhususkan untuk jenis rambut ini. Mungkin perawatannya menjadi lebih mahal, tapi hal ini demi kesehatan 'mahkota' Anda. Jika ingin hasil yang maksimal, Anda disarankan pergi ke dokter kecantikan.

5. Mouisturizer Rambut

Ada beberapa faktor yang dapat menghilangkan kelembaban alami rambut, seperti kondisi lingkungan memburuk, polusi, sinar matahari, serta udara kering sehingga bisa menimbulkan masalah ketombe. Maka dari itu, rambut perlu dijaga kelembabannya dengan memakai moisturizer. Cuci rambut setidaknya dua hari sekali, kemudian tambahkan moisturizer dan kondisoner setelahnya.

6. Cari Tahu Jenis Ketombe
Ketombe mempunyai banyak varian, ada yang menyebabkan kulit mengelupas dan memerah. Jika seperti itu, butuh perawatan khusus atau konsultasi ke dokter. Makanya, kenali jenis ketombe Anda.

7. Pastikan Anda Tidak Memiliki Kutu

Ketombe dengan telur kutu sangat mirip yang terkadang membuat Anda keliru. Sebelum melakukan pengobatan, lebih baik yakinkan dahulu kalau itu benar-benar ketombe.

Nah itulah cara membersihkan ketombe dalam waktu singkat dan nyaman, ayok segera coba agar kepala Anda bebas dari ketombe ataupun kerontokan.