Cara Alami Mengatasi Sariawan Pada Bayi : Tips Sehat

Inilah cara alami mengatasi sariawan pada bayi. Sariawan bukan hanya bisa dialami pada orang dewasa, tetapi juga bisa dialami pada anak atau bayi. Jika bayi anda mengalami hal seperti ini yakni sariawan jangan di biarkan, karena bayi juga bisa merasakan perih ataupun sakit.

Sariwan pada bayi karena tumbuhnya jamur seperti jenis candida albicans yang dapat ditularkan melalui puting payudara ibu selama menyusui, karena bayi sangtlah sensitif. Oleh karena itu anda perlu mengobatinya dengan cara yang alami.

Nah berikut ini cara mencegah atau cara mengobati sariawan pada bayi anda dengan cara yang alami, seperti yang dikutip dari (health.detik.com).

1. Probiotik
Makanan yang kaya probiotik, seperti acar, kimchi, yoghurt, dan suplemen probiotik dapat membantu menjaga keseimbangan bakteri sehat dan menciptakan lingkungan yang tidak ramah untuk jamur Candida.

Ibu dapat mengambil suplemen yang mengandung lactobacillus acidophilus, sedangkan bayi dapat diberikan suplemen yang mengandung bifidus lactobacillus.

2. Diet yang tepat
Untuk membangun sistem kekebalan tubuh yang kuat pada ibu dan bayi, pastikan diet Anda kaya akan makanan sehat seperti biji-bijian dan menghindari makanan olahan dan gula. Jamur Candida juga dapat berkembang karena alergi makanan.

3. Minyak kelapa
Minyak kelapa murni merupakan antijamur alami yang sangat ampuh dan aman untuk bayi. Oleskan minyak kelapa ke puting payudara Anda dan ke mulut bayi untuk membantu mencegah pertumbuhan jamur.

4. Bawang putih
Bawang putih adalah antibiotik alami dan kuat untuk para ibu. Tambahkan bawang putih segar ke dalam masakan agar bayi juga dapat merasakan manfaat baiknya.

5. Ekstrak biji grapefruit
Ekstrak biji grapefruit adalah antijamur yang aman untuk bayi. Encerkan dengan air dan teteskan ke dalam mulut bayi. Hal ini akan terasa pahit, tetapi khasiatnya akan terasa hanya dalam waktu beberapa menit saja.

Ekstrak biji grapefruit juga dapat digunakan untuk mencuci peralatan bayi seperti mainan, botol susu, handuk, kain, bahkan bra yang digunakan oleh ibu agar puting susu ibu tetap steril atau terbebas dari jamur.

6. Cuka sari apel
Jamur dan cuka tidak dapat hidup berdampingan, sehingga cuka mampu mencegah perumbuhan jamur pada mulut bayi. Jika bayi mengembangkan sariawan, oleskan beberapa tetes cuka sari apel ke puting payudara Anda.

7. Sinar matahari dan udara segar
Jamur dapat berkembang dalam lingkungan gelap dan lembab. Untuk mencegah sariawan pada bayi, hindari pakaian ketat agar jamur tidak berkembang pada payudara ibu karena sirkulasi udara lancar dan terpapar sinar matahari.

Nah itulah sahabat sehat...cara alami mengatasi sariawan pada bayi seperti artikel yang diatas. Selamat mencoba ya, semoga bayi anda tidak sariawan lagi.