Cara Mengobati Sakit Tenggorokan Secara Alami

Ini dia tips-tips cara mengobati sakit tenggorokan atau cara atasi sakit tenggorokan secara alami tanpa efek samping.

Sakit tenggorokan mungkin sudah di rasakan oleh semua orang bahkan bisa membuat suara kita cukup hilang. Sakit tenggorokan biasanya disebabkan oleh berbagai macam hal seperti gejala flu, panas dalam dan lain sebagainya. Sakit tenggorokan bisa juga disebabkan oleh virus dan bakteri yang mungkin masuk ke dalam saluran tenggorokan kita.

Jika Anda mengalami hal seperti ini ada baiknya Anda baca artikel di bawah ini mengenai cara mengobati sakit tenggorokan secara alami seperti yang dikutip dari tribunnews.com, berikut ini:

1. Istirahat

Ketika merasakan suara mulai melemah, maka berhentilah berbicara, jangan berteriak ataupun bernyanyi, bahkan berbisik. Cobalah untuk mengistirahatkan total pita suara Anda. Memaksakan diri untuk menggunakan pita suara malah akan menambah bengkak dan radang.

2. Minum air

Minum air bisa membantu meringankan gejala. Maka biasakan membawa air kemana saja Anda pergi ketika sedang sakit tenggorokan. Pilihlah minuman hangat bebas kafein ataupun alkohol, karena kedua bahan ini dapat memperburuk kondisi Anda. Hindari pula irisan lemon karena akan memicu refluks asam lambung yang memperparah iritasi.

3. Herbal pelega tenggorokan

Herbal pelega tenggorokan bekerja dengan menjaga kelembaban tenggorokan sehingga meringankan gejala sakit tenggorokan. Herbal pelega tenggorokan saat ini sudah tersedia dalam banyak bentuk, dari mulai permen hingga lembaran. Pilih sesuai kebutuhan Anda.

4. Kumur air garam

Cara ini mungkin paling tidak nyaman, namun dapat membantu untuk meredakan iritasi tenggorokan. Larutkan garam ke air hangat, kemudian gunakan untuk berkumur. Garam membantu membunuh virus penyebab sakit tenggorokan.

Nah itulah sahabat sehat tips sederhana yang bisa Anda lakukan untuk mengobati sakit tenggorokan secara natural baik pada wanita maupun untuk pria. Selamat mencoba semoga sakit tenggorokan Anda cepat sembuh.