Cara Alami Mengobati Tekanan Darah Rendah Dengan Baik dan Tepat

Artikel kesehatan tentang cara alami mengobati tekanan darah rendah dengan baik dan tepat. Darah Rendah merupakan suatu keadaan dimana tekanan darah lebih rendah atau turun dibawah angka normal.

Secara umum tekanan darah rendah memang bukanlah suatu penyakit dan tidak akan menyebabkan kematian. Namun terlalu membiarkan tekanan darah rendah sama berbahaya dengan tekanan darah tinggi.

Untuk lebih membantu dalam mengatasi tekanan darah rendah adalah dengan memilih cara yang lebih alami, yaitu dengan mengonsumsi makanan sehat serta pola hidup yang baik. Nah berikut ada beberapa cara alami unutk mengobati tekanan darah rendah, antara lain:

1. Kacang-Kacangan
Kacang-kacangan dapat meningkatkan tekanan darah hal ini berdasarkan peneliti di Harvard heart Letter yang merekomendasikan kacang-kacangan sebagai makanan untuk mengatasi tekanan darah rendah. Kacang-kacangan dapat dicerna secara perlahan oleh sistem pencernaan sehingga hal ini membuat tekanan darah naik. Nah, jika sobat mau sembuh dari darah rendah ada baiknya mengonsumsi kacang-kacangan seperti kacang merah, buncis, kacang hijau dan lain-lain.

2. Air Mineral
Jumlah cairan di tubuh berkurang bisa menyebabkan tekanan darah rendah. Untuk itu salah satu cara untuk mengatasi tekanan darah rendah adalah mengonsumsi air putih setiap harinya kurang lebih 8-10 gelas.

3. Bayam
Bayam kaya akan kalium dan rendah sodium. Mineral yang seimbang pada bayam ini sangat berguna untuk tekanan darah rendah. Selain itu, folat pada bayam juga dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan melemaskan pembuluh darah, dengan demikian akan menjaga aliran darah yang lancar.

4. Daging dan hati ayam
Daging ayam memiliki kandungan protein hewani yang diyakini bisa meningkatkan tekanan darah. Karena tubuh memerlukan protein untuk membangun sel termasuk juga sel dalam pembuluh darah. Pembuluh darah yang lemah dan tekanan akan mempengaruhi aliran darah ke seluruh tubuh.

5. Roti, oatmeal, dan sereal
Makanan-makanan ini menyediakan zat besi sebanyak 20 persen jika Anda makan setiap hari. Gandum akan membuat tubuh mejadi lebih sehat, sehingga perlu dimasukkan dalam daftar diet Anda. Gandum juga banyak mengandung zat besi untuk mengurangi risiko terkena tekanan darah rendah.

6. Kopi
Menurut Dr. Santoso Karo Karo, SpJP, MPH (K) yang merupakan mantan ketua Yayasan Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesi (PERKI) seperti dikutiip dari detikhealth, mengatakan bahwa tekanan darah rendah dapat dinaikkan dengan minum 1-2 gelas kopi perhari, tapi yang penting adalah jangan sampai berlebihan.

7. Hindari mandi air panas
Mandi air panas memang memiliki efek relaksasi yang luar biasa, namun bagi anda yang memiliki tekanan darah rendah sebaiknya membatasi hal ini. Alasan utamanya adalah mandi air panas bisa membuat tekanan darah anda makin turun. Selain itu, hal ini juga bisa membuat anda merasa lemas, pusing, dan tidak bertenaga.

Batasi juga aktivitas spa dan sauna. Jika anda melakukan spa atau sauna, lakukanlah dalam posisi duduk yang nyaman, di kursi yang stabil atau tidak licin. Hal ini berguna untuk mengantisipasi jika tiba-tiba anda merasa pusing dan harus bersandar pada sesuatu.

8. Kurangi gula dan alkohol
Mengonsumsi terlalu banyak gula dan alkohol bisa secara drastis meningkatkan tekanan darah anda. Bagi yang memiliki darah rendah, peningkatan tensi yang terlalu mendadak bisa mengakibatkan efek samping yang cukup berbahaya, seperti pusing akut, berkunang-kunang, bahkan pingsan. Oleh karena itu, tidak disarankan untuk mengonsumsi terlalu banyak alkohol dan gula dalam waktu singkat.

Selain itu, gula dan alkohol juga memiliki banyak efek negatif bagi tubuh anda. Gula bisa menyebabkan diabetes yang bisa berakibat berbagai komplikasi. Alkohol juga memiliki dampak negatif bagi sistem syaraf apabila dikonsumsi terlalu banyak secara terus menerus.

9. Lemak nabati
Lemak nabati adalah salah satu sumber utama yang bisa membantu anda mengatasi darah tinggi. Mengonsumsi lemak nabati lebih direkomendasikan daripada lemak hewani karena lebih mudah dicerna dan risiko untuk mengakibatkan kolesterol juga lebih kecil. Sangat disarankan untuk mengonsumsi lemak nabati dari kacang-kacangan dan gandum.

Sangat disarankan juga untuk mengonsumsi makanan yang banyak mengandung garam. Garam adalah salah satu zat alami yang bisa menambah laju produksi sel darah merah dan sangat membantu untuk menaikkan tekanan darah.

10. Olahraga
Siapa pun pasti sadar bahwa olahraga teratur adalah salah satu kunci dalam pola hidup sehat. Ada sangat banyak penyakit yang bisa dihindari dengan melakukan olah raga secara teratur, salah satunya adalah tekanan darah rendah. Berolahraga bisa membantu memperlancar aliran darah anda, dan aliran darah yang teratur sangat diperlukan untuk mengatasi darah rendah.

Walaupun terdengar mudah, melakukan olahraga secara teratur terasa sulit bagi sebagian besar masyarakat modern. Ini karena terbatasnya waktu yang dimiliki oleh kebanyakan masyarakat modern, di mana jam kerja yang padat membuat kita tak sempat berolahraga. Namun setidaknya, temukanlah waktu luang di akhir pekan atau saat liburan. --:)(ref: arhamvhy.blogspot.com)

Demikian artikel kali ini cara alami mengobati tekanan darah rendah. Semoga artikel di atas dapat membantu dan bermanfaat unutk Anda.

Baca Juga Yuk: Cara Alami Mengobati Tekanan Darah Tinggi