Siaga, Seperti Apa Tanda-Tanda Wanita Akan Segera Melahirkan

Artikel tentang tanda-tanda wanita akan segera melahirkan sudah dekat. Untuk menghitung kapan waktu ibu akan melahirkan, tentu tidak bisa diukur secara tepat dan akurat. Karena hal itu lamanya kehamilan bagi setiap wanita berbeda-beda. Namun secara umum persalinan akan terjadi antara minggu ke 39 dan 41 usia kehamilan.

Bagi wanita yang belum pernah punya pengalaman melahirkan sebelumnya, biasanya akan bertanya-tanya, seperti apa tanda-tanda persalinan? pada umunya pertanda yang jelas jika ibu akan melahirkan adalah terjadinya kontraksi.

Mengenali tanda-tanda akan melahirkan memang tidak selalu mudah, terutama bagi yang belum pernah punya pengalaman sebelumnya. Kadang saat sudah tiba waktunya melahirkan, calon ibu dan pasangannya malah belum sempat menyiapkan apapun.

Jadi postingan kali ini ada beberapa pertanda yang bisa dijadikan tanda bahwa wanita akan segera melahirkan. Seperti apa tanda-tanda akan segera melahirkan untuk wanita hami? Ini dia tanda-tandanya seperti yang dikutip dari health.detik.com, berikut ini:
Tanda-Tanda Wanita Akan Melahirkan

Dokter kandungan dari RS Pusat Pertamina, Dr Frizar Irmansyah, SpOG mengatakan, tanda-tanda akan segera melahirkan antara lain bisa dikenali dari pergerakan bayi. Normalnya, bayi bergerak 10 kali/hari setelah usia kehamilan masuk 9 bulan atau mendekati waktu kelahiran.

"Jika pergerakan bayi kurang atau bahkan tidak bergerak sama sekali, maka kemungkinan bayi yang ada dalam kandungan tersebut tidak dalam kondisi sehat," kata Dr Frizar saat dihubungi detikHealth.

Tanda lain yang harus dikenali adalah keluarnya air dari vagina, yang menunjukkan bahwa fase melahirkan bakal segera datang. Waspadai jika air tersebut berbau amis, jernih dan keluar dalam jumlah banyak sampai membasahi pakaian dalam. Kemungkinan itu adalah air ketuban.

"Air ketuban sangat diperlukan untuk kelangsungan hidup bayi dalam kandungan, jika air ketuban banyak keluar maka akan membahayakan jiwa bayi," lanjut Dr Frizar.

Air ketuban juga harus dibedakan dengan air pipis, sebab bukan tidak mungkin calon ibu yang sedang panik tidak bisa merasakan dari mana air tersebut keluar. Dari saluran kemih, atau dari vagina atau lubang peranakan. Apalagi jika air pipisnya tidak berbau.

Perdarahan juga bisa menjadi pertanda akan datangnya saaat melahirkan. Jika mengalami perdarahan yang cukup banyak, Dr Frizar menyarankan untuk segera bersiap-siap. Apalagi jika memang usia kandungannya diperkirakan sudah mendekati waktu melahirkan.

"Jika tanda-tanda tersebut sudah muncul dengan waktu yang teratur, yaitu kurang lebih satu jam sekali, maka ibu hamil harus segera dibawa ke rumah sakit," pesan Dr Frizar.

Lalu apa saja yang harus dilakukan jika tanda-tada itu muncul? Paling mudah, bawa saja si calon ibu ke rumah sakit atau paling tidak segera hubungi dokter untuk mendapatkan saran panduan jika tidak memungkinkan untuk pergi ke rumah sakit.

Demikian artikel tanda-tanda wanita akan segera melahirkan. Salam admin, semoga calon bayi Anda nanti terlahir sehat dan berbakti pada orang tua. amin

Yang dapat dibaca-baca juga, tanda-tanda akan melahirkan bayi kembar dan cara mengatasi nyeri pinggang saat hamil.