Penyebab Timbulnya Mata Panda

Inilah penyebab timbulnya mata panda atau datangya mata panda yang perlu Anda ketahui. Munculnya lingkaran hitam pada mata bisa disebabkan oleh beberapa hal, di antaranya kurang tidur, alergi, proses penuaan, perubahan hormon yang berhubungan dengan kehamilan atau menstruasi, kekurangan vitamin, terlalu banyak merokok, efek samping obat, terlalu banyak terpapar sinar ultraviolet, dan lain sebagainya.

Lingkaran Pada mata yang menghitam tentu sangat menggangu penampilan, bahkan bisa menjadikan Anda kurang percaya diri. Lingkaran pada wajah bagian mata tentu akan terlihat lesu, loyo dan juga tua. Masalah ini disebabkan karena kurang tidur dimalam hari dan juga kelelahan serta gaya hidup yang tidak sehat.

Nah bagi Anda yang belum tau apa penyebab timbulnya mata panda, berikut ini adalah penyebab timbulnya atau datangnya lingkaran hitam pada mata, antara lain:

1. Kurang tidur
Ini merupakan penyebab utama lingkaran hitam pada mata. Kurang tidur dapat membuat kulit pucat dan lingkaran pada mata semakin terlihat jelas. Jadi, pastikan Anda tidur nyenyak selama tujuh sampai delapan jam setiap hari.

2. Paparan sinar matahari
Kebanyakan terkena sinar mata hari bisa menyebabkan tubuh memproduksi lebih banyak melanin sehingga terjadi penggelapan kulit di bawah mata.
Alergi makanan

3. Terlalu banyak makeup

Seberapa sering Anda berias? Kemungkinan bisa setiap hari. Apakah Anda membersihkannya? Tidur tanpa menghapus riasan mata bisa mengiritasi mata dan menyebabkan cairan berkumpul yang menyebabkan mata bengkak.

4. Dehidrasi
Dehidrasi juga merupakan salah satu penyebab lingkaran hitam. Kurangnya asupan cairan akan menyebabkan sirkulasi darah dalam tubuh tidak berjalan dengan baik. Ini secara signifikan mempengaruhi pembuluh darah di bawah mata. Jadi minumlah banyak air dan tetap terhidrasi sepanjang hari.

5. Obat
Obat-obatan tertentu menyebabkan pembuluh darah membesar, sehingga menyebabkan kulit lebih gelap di bawah mata. Setipis apa pun kulit Anda, bisa membuat aliran darah terlihat dengan jelas.

6. Diet yang tidak seimbang
Para ahli percaya, kurangnya mineral seperti zat besi mengurangi pasokan oksigen yang dibutuhkan jaringan tubuh yang menjadi alasan mata menjadi bengkak.

7. Masalah kesehatan
Anemia dan gangguan ginjal juga dapat menyebabkan lingkaran hitam di bawah mata. Jadi, jika Anda mengalami anemia atau menderita fungsi ginjal segeralah berkonsultasi dengan dokter dan mendapatkan obat-obatan. Ini tidak hanya akan menyembuhkan penyakit, tetapi juga mengurangi mata panda.

8. Alkohol
Alkohol bisa menyebabkan dehidrasi yang menyebabkan kulit disekitar mata lemah dan tenggelam.

9. Merokok
Apakah Anda seorang perokok (biasa atau pasif)? Merokok bisa melemahkan kolagen di bawah mata, menyebabkan kerutan dini dan kendur.

10. Penuaan
Penyebab umum lainnya adalah usia karena bertambah tua, kulit kehilangan kolagen yang membuatnya menjadi tipis dan lebih lemah. (arhamvhy.blogspot.com)--:)

Nah itulah beberapa penyebab timbulnya mata panda atau lingkaran hitam pada wajah bagian mata. Semoga dengan adanya artikel di atas dapat membantu agar tidak terjadi timnulnya mata panda pada Anda.

Baca Juga Yuk: Cara Menghilangkan Mata Panda