Cara Mencegah Payudara Bengkak Saat Menyusui

cara mencegah payudara bengkak
yasehat - Payudara seorang ibu menjadi lebih besar suatu hal yang biasa. Tapi masahnya dapat berubah menjadi bengkak dan terasa sangat sakit dan keras.bengkaknya payudara biasanya menimbulakn demang ringan dan bisa juga infeksi.

Nah dari itulah penting untuk anda mencoba mencegah sebelum terjadinya infeksi dan gejala-gejala lainnya.Disini anda bisa baca ulasan lengkap cara mencegah payudara bengkak saat menyusui. Berikut tips cara mencegah payudara bengkak. Disimak yuk:

1. Sering-seringlah menyusui bayi ASI setelah proses persalinan. Biarkan bayi menyusu selama yang dia suka, sepanjang bayi Anda minum ASI dengan baik dan mengisap secara efektif. Dalam minggu-minggu pertama pasca melahirkan, Anda harus membangunkan bayi Anda untuk memberi makan setelah empat jam sejak awal pemberian makanan terakhir.

2. Bekerjasama atau meminta bantuan konsultan laktasi untuk memperbaiki cara menyusui.

3. Menyusui lebih sering pada payudara yang terasa sakit untuk mengeluarkan ASI. Agar payudara tetap bergerak bebas, dan mencegah jangan sampai payudara terlalu penuh.

4. Hindari penggunaan dot yang terlalu berlebihan, dan gunakanlah botol untuk membantu proses pemberian ASI.

5. Pegang payudara dengan tangan secara lembut dan pompalah sedikit ASI untuk melunakkan bagian payudara, areola (daerah gelap di sekitar puting payudara), dan puting sebelum menyusui.

6. Pijatlah payudara secara lembut.

7. Gunakan kompres air dingin di antara waktu menyusui untuk membantu meringankan rasa sakit.

8. Jika Anda harus bekerja, cobalah untuk memompa ASI pada jadwal yang sama ketika Anda memberikan ASI di rumah, atau Anda dapat memompa setidaknya setiap empat jam.

9. Cukup istirahat, nutrisi yang tepat, dan cukupi kebutuhan cairan.

10. Kenakan pakaian yang nyaman dan gunakan bra yang tidak terlalu ketat.

Itulah beberapa tips cara mencegah payudara bengkak saat menyusui, Semoga artikel di atas bisa bermanfaat untuk Anda dan semoga pembengkakan payudara segera teratasi.