Ini Dia 10 Tanda Menstruasi Tidak Normal : Perlu Diketahui

Halo sahabat sehat, ini dia 10 tanda menstruasi tidak normal atau menstruasi tidak teratur yang perlu anda ketahui.

Menstruasi merupakan satu siklus yang terjadi pada wanita setiap bulannya. Setiap wanita pasti mengalami yang namanya menstruasi yang memasuki masa remaja atau pubertas. Siklus menstruasi rata-rata terjadi sekitar 28 hari. Tapi mungkin tidak semua wanita yanng memiliki menstruasi yang sama, kadang siklus terjadi sekitar 21 hari dan 30 hari. Tapi siklus pun bisa terjadi berubah-ubah dari bulan ke bulan atau bisa tetap.

Bagaimana dengan wanita yang mengalami menstruasi namun tidak teratur, ini dia 10 tanda menstruasi tidak teratur, yang perlu anda ketahui, seperti yang dikutip wolipop.detik.com berikut ini:

1. Jika usia sudah mencapai 16 tahun tapi belum juga mengalami menstruasi pertama.

2. Periode menstruasi Anda yang biasanya ada tiba-tiba berhenti, padahal tidak hamil.

3. Pendarahan menstruasi berlangsung terlalu lama, hingga lebih dari 7 hari.

4. Panjang siklus menstruasi terpisah lebih lama dari 35 hari atau kurang dari 21 hari, terhitung sejak hari pertama pendarahan menstruasi terjadi hingga ke hari pertama pendarahan di siklus berikutnya.

5. Pendarahan menstruasi sangat banyak hingga Anda harus mengganti pembalut setiap 1 hingga 2 jam sekali.

6. Ada pendarahan yang terjadi di luar jadwal menstruasi biasanya (misalnya siklus menstruasi sudah selesai, namun dua atau tiga hari berikutnya terjadi pendarahan lagi).

7. Mengalami kram berat secara mendadak yang tidak seperti biasanya. Kondisi ini umumnya dialami 50 persen wanita selama 1 atau 2 hari saat menstruasi.

8. Mengalami periode menstruasi yang tidak teratur padahal Anda belum memasuki masa perimenopause (menjelang menopause).

9. Tidak mengalami periode menstruasi selama tiga bulan berturut-turut atau lebih, padahal Anda belum memasuki masa perimenopause.

10. Tidak mengalami periode menstruasi sama sekali padahal Anda masih berada di tahun-tahun reproduksi dan belum menopause.

Nah itulah 10 tanda menstruasi tidak normal yang perlu anda ketahui. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda dan semoga menstruasi anda cepat teratur dan lancar.

Baca juga yuk: Tanda-tanda kehamilan yang sehat, tanda-tanda kehamilan muda, tanda-tanda awal kehamilan pada wanita, dan ciri-ciri wanita hamil.