Cara Merawat Kuku Agar Tetap Sehat dan Bersih

Ini dia tips cara merawat kuku agar tetap sehat dan bersih. Kuku merupakan bagian yang penting bagi wanita, terlebih untuk yang memiliki peran dalam dunia fashion. Memiliki kuku yang agak panjang, bersih dan berkilau memang menjadi dambaan setiap wanita. Karena wanita memiliki kuku yang bersih dan agak memanjang membuat nampak lebih cantik dan anggun.

Pengen kuku yang bersih dan rapi? Tak perlu repot-repot lagi. Ini, ada enam cara yang bisa membantu Anda agar kuku tetap sehat dan bersih seperti yang dikutip dari tribunnews.com. Berikut Cara Merawat Kuku yang benar dari bahan-bahan alami :

1. Minyak zaitun

Minyak zaitun bisa memberikan kelembaban dan mencerahkan kuku kita.

Caranya, oleskan minyak zaitun pada kutikula kuku sambil dipijat lembut. Cara lainnya bisa dengan mencampurkan 1 sendok teh vitamin E cair dengan 1 sendok teh minyak zaitun. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Minyak kelapa

Buat kita yang memiliki kuku kering dan mudah patah, kita bisa mengatasinya dengan bantuan minyak kelapa.
Caranya, oleskan pada kutikula kuku sambil dipijat lembut agar mminyak dapat terserap ke dalam kuku.

3. Lidah buaya

Manfaat lidah buaya untuk kesehatan rambut udah banyak diketahui orang. Tapi, enggak cuma untuk menguatkan rambut, kuku kita juga bisa, lho.

Caranya, cukup dengan dioles-oleskan pada kuku kita secara rutin, kuku kita pun akan bertambah sehat dan kuat. Oya, sebelum mengoleskan lidah buaya pada kuku kita, bersihkan terlebih dahulu, ya.

4. Jeruk nipis

Kuku yang kusam bisa kita cerahkan dengan bantuan jeruk nipis.

Caranya, rendam kuku kita selama beberapa menit ke dalam campuran air hangat dan air perasan jeruk nipis. Hal ini juga bisa untuk menghilangkan noda di kuku kita.

5. Bawang putih

Kalau biasanya kita memakai bawang putih untuk menyedapkan makanan, kali ini bawang putih juga berguna untuk mencerahkan dan menguatkan kuku kita agar enggak mudah patah.

Caranya gampang, cukup gosokkan bawang putih pada kuku kita, setelah itu usapkan dengan handuk hangat.

6. Air garam

Kita juga jangan lupa untuk menjaga kebersihan kuku.
Caranya, cukup dengan merendam kuku kita dalam air garam selama 15 menit untuk membunuh kuman dan bakteri pada kuku kita.

Selain dengan melakukan perawatan di atas, kebiasaan sehat juga harus kita terapkan pada keseharian kita. Misalnya, dengan menghentikan kebiasaan jelek menggigit kuku. Selain itu, cukupi kebutuhan air kita dalam sehari untuk menjaga kelembaban kuku.

Nah itulah sahabat sehat cara merawat kuku agar tetap sehat dan bersih. Semoga artikel ini bisa membantu dan bermanfaat untuk Anda.

Baca juga : Cara Cepat Memanjangkan Kuku Tangan