Cara Merawat Kuku Kaki Agar Bersih Dan Sehat

Inia dia bagaimana cara merawat kuku kaki agar bersih dan sehat. Kuku merupakan bagian yang terpenting pada manusia terutama pada wanita ataupun pria. Memiliki kuku kaki yang bersih dan terawat pasti lebih menjadi pede dan percaya diri.

Kuku kaki seringkali luput dari perawatan tubuh yang dilakukan sehari-hari. Nyatanya, kuku kaki apabila tidak dirawat dapat menimbulkan infeksi dan rasa sakit yang serius, dapat membuat kurang nyamannya untuk beraktivitas apa lagi disaat kita berjalan dan menggunakan sepatu.

Membiasakan diri merawat kuku kaki sebenarnya sangatlah sederhana dan mudah dilakukan. Berikut adalah cara merawat kuku kaki agar bersih dan sehat. Yuk simak:

1. Membersihkan kaki

Sekalipun Anda menggunakan sepatu untuk melindungi kaki, tidak menjamin kaki Anda tidak kontak dengan mikroba dan kotoran. Untuk itu membersihkan kaki setelah pulang bepergian menjadi hal yang wajib untuk menjaga kebersihan kaki terutama kuku kaki. Lakukan hal ini setibanya Anda di rumah. Bilaslah kaki hingga bersih dengan air yang mengalir, gunakan sabun untuk melengkapi pembersihan. Selain dengan air dan sabun, Anda juga dapat menggunakan cuka sari apel untuk membersihkan kuku kaki dan mencegah jamur secara alami.

2. Gunakan sikat lembut

Mikroba dan kotoran dapat dengan mudah menempel pada sudut-sudut kuku kaki. Untuk itu perlu mengoleskan sabun antiseptik dan gosok perlahan dengan sikat. Lakukan secara teratur saat anda mandi dan setelah bepergian.

3. Jaga kuku tetap pendek

Kuku kaki yang panjang memang terlihat lebih menarik. Akan tetapi, kuku kaki yang panjang sangat memungkinkan hinggapnya mikroba dan kotoran pada kuku kaki sehingga menjadi sulit untuk dibersihkan. Bila Anda bukanlah orang yang telaten membersihkan kuku kaki, ada baiknya Anda memotong pendek kuku kaki sehingga lebih praktis dalam perawatannya.

4. Nail Filer

Gunakan nail filer untuk membersihkan kuku kaki. Bagian runcing yang bersih terutama digunakan untuk membersihkan sudut dan ujung kuku kaki. Sebelum menggunakan nail filer, bersihkan kaki terlebih dahulu sehingga dapat mempermudah untuk mengeluarkan kotoran kering dari sudut kuku kaki.

5. Gunakan pelembap

Untuk menjaga kuku kaki anda bersih dan lembut, gunakan pelembap secara teratur. Hal ini dilakukan untuk mencegah kuku dari kerusakan. Selain itu, penggunaan pelembap dapat menjadikan kuku kaki terlihat lebih mengkilap dan menghindarkan kuku kaki dari keretakan. Pakailah pelembap kaki setiap pagi dan malam hari setelah mandi sampai ke ujung kuku kaki agar selalu lembap dan tidak mudah patah.

6. Pemakaian cat kuku

Untuk menghindari warna kuku kaki menjadi kekuningan setelah penggunaan cat kuku, oleskan base coat terlebih dahulu agar cat kuku tidak menempel langsung pada kuku kaki. Saat membersihkan kuku kaki dari cat kuku, gunakan pembersih cat kuku yang berkadar alkohol rendah agar kuku kaki tidak menjadi kering. Berikan waktu kuku kaki untuk bebas dari penggunaan cat kuku minimal seminggu dalam sebulan.

7. Nutrisi yang cukup

Agar kuku kaki tetap sehat, selain melakukan perawatan dari luar, asupan nutrisi pun sangat penting. Untuk itu cukupi asupan kalsium dengan mengkonsumsi sumber makanan yang mengandung kalsium seperti sayur-sayuran, ikan, kedelai dan susu.

Itulah cara merawat kuku kaki agar bersih dan sehat. Pastikan untuk selalu menjaga kebersihan kuku Anda. Semoga artikel ini bisa membantu dan bermanfaat untuk Anda. --)ref: ruangcantik.com

Baca Juga : Cara cepat memanjangkan kuku tangan dan cara merawat kuku agar tetap sehat dan bersih.