Cara Alami Mengobati Tekanan Darah Tinggi Dengan Baik dan Tepat

Artikel kesehatan tentang cara mengobati tekanan darah tinggi dengan baik dan tepat. Darah tinggi adalah suatu keadaan dimana tekanan darah dalam tubuh meningkat secara belebihan dalam waktu atau jangka lama, yang membuat jantung bekerja dengan secara berlebihan.

Terlalu membiarkan tekanan darah tinggi hal yang cukup berbahaya. Untuk lebih membantu Anda dalam malsalah tekanan darah tinggi adalah pola makan yang tepat, olahraga, serta gaya hidup sehat unutk mengelola tekanan darah tinggi. Agar lebih jelasnya berikut adalah ada beberapa cara mengobati tekanan darah tinggi, antara lain:

1. Mineral
Penelitian telah menunjukkan bahwa kalium membantu dalam menurunkan tekanan darah tinggi sebanyak 20 poin pada mereka yang beresiko tinggi terkena hipertensi. Oleh karena itu, beri kesempatan untuk masuk daftar makanan anda seperti pisang, tomat, semangka, jeruk, almond dan bayam yang memiliki jumlah tinggi kalium di dalamnya. Magnesium adalah mikronutrien yang membantu kalium dalam mengurangi tekanan darah. Kalsium adalah mineral lain yang memainkan peran penting dalam mengatur tekanan darah dengan mengontrol kontraksi otot, khususnya yang dari hati.

2. Teknik Relaksasi
Dunia sekarang ini yang dipenuhi oleh segudang masalah telah membuat kita stres atau kecemasan dalam hidup. Selama keadaan ini, tekanan darah akan melonjak naik. Sesekali stres dan kecemasan dapat diterima, tetapi sering mengalami kondisi tersebut untuk jangka waktu yang lama dapat menyebabkan hipertensi kronis.

Salah satu cara yang efektif untuk mengobati hipertensi adalah untuk berlatih teknik relaksasi seperti meditasi dan yoga. Teknik-teknik menenangkan saraf kita, meningkatkan keseluruhan kesejahteraan kita dan membantu kita untuk mengatasi stres dan kecemasan. Pilihan lain termasuk terapi pijat dan aromaterapi untuk beberapa nama.

3. Herbal
Bawang putih mengandung senyawa yang disebut adenosin yang membantu dalam vasodilatasi dan relaksasi otot. Ginkgo biloba, teh hijau dan kunyit adalah herbal lain yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

4. Konsumsi potasium
Mineral ini membantu menurunkan tekanan darah. Asupan harian yang direkomendasikan untuk dewasa adalah 3.510 miligram. Ada juga buah yang kaya potasium, seperti kacang polong (kira-kira mengandung 1.300 miligram potasium per 100 gram kacang polong), kacang (600 miligram per 100 gram), sayuran seperti bayam, kol (550 miligram per 100 gram), dan buah seperti pisang, pepaya, dan kurma (kira-kira 300 miligramper 100 gram).

5. Kontrol berat badan
Tekanan darah cenderung meningkatkan berat badan. Setiap lima kilogram penurunan berat badan bisa menurunkan tekanan darah sistolik hingga 2-10 poin. Untuk hasil optimal, orang dewasa seharusnya mengelola Indeks Massa Tubuh (Body Mass Index/BMI) antara 18,5-24,9 kilogram/m2.

6. Olahraga
Situasi stres bisa menyebabkan serangan darah tinggi temporer. Karena itu membuat fisik aktiv adalah satu dari hal yang sangat penting dilakukan untuk mencegah atau mengontrol tekanan darah tinggi. Tidurlah yang cukup, tarik nafas panjang, meditasi, yoga, dan olahraga setidaknya 30 menit per hari untuk mengurangi stres. Beberapa aktivitas moderat yang bisa dilakukan adalah berjalan, bersepeda, berkebun, atau mengerjakan pekerjaan rumah tangga.

7. Batasi alkohol
Bukan hanya karena terlalu banyak alkohol meningkatkan tekanan darah, tapi juga minum-minum berlebihan yang berulang-ulang bisa menyebabkan peningkatan tekanan darah dalam jangka panjang. Maka, sangat penting untuk membatasi asupan alkohol.

8. Menjaga Berat Badan
Untuk mengurangi risiko tekanan darah tinggi, disarankan untuk mengurangi berat badan Anda bagi Anda yang memiliki badan gemuk. Berkurangnya berat badan bisa menurunkan tekanan darah sistolik hingga 2-10 point. Untuk orang dewasa, Index Massa Tubuh harus berada di kisaran 18,5 hingga 24,9 kg/m2.

9. Kurangi Konsumsi Garam
Garam mengandung sodium yang sangat tinggi. WHO merekomendasikan asupan sodium kedalam tubuh per hari tidak lebih dari 2000 mg atau setara dengan satu sendok teh. Untuk itu, berhati-hatilah dalam mengkonsumsi makan cepat saji dan juga mekanan yang terdapat dalam kemasan kaleng karena mengandung garam yang berlebihan.

10. Mengubah Pola Diet
Perbanyak makan buah dan sayuran yang kaya serat serta mengurangi makanan olahan adalah salah satu cara menurunkan tekanan darah tinggi. Makanlah buah yang kaya akan potasium dan rendah sodium agar tekanan darah Anda tidak meningkat. Hindari juga makanan yang digoreng, khususnya yang mengandung lemak jenuh atau trans. -:) (ref: arhamvhy.blogspot.com)

Demikian artikel kali ini cara alami mengobati tekanan darah tinggi. Semoga artikel di atas dapat membantu dan bermanfaat untuk Anda.

Baca Juga Yuk: Cara Alami Mengobati Tekanan Darah Rendah