Cara Merawat Rambut Bercabang Secara Alami

Tips cara merawat rambut bercabang secara alami. Rambut merupakan bagian yang terpenting bagi wanita maupun pria karena rambut menjadi mahkota bagi manusia, jadi tidak heran jika seorang wanita mati-matian dalam menjaga kesehatan rambut serta merawat rambutnya agar tidak terlihat kusut dan sampai rusak.

Rambut bercabang memang masalah yang menggangu bahkan dapat membuat kita jadi kurang percaya diri dalam hal apapun. Maklum saja, rambut akan terlihat kusam, tidak bercahaya dan sulit diatur. Karna ada beberapa faktor yang menyebabkan rambut bercabang antaranya, pengaruh cuaca, pewarna rambut, menyisir rambut tak teratur dan lain sebaginya.

Jika Anda ingin merawat rambut agar terlihat berkilau dan sehat sebaiknya Anda menggunakan dari bahan alami, karena selain tidak akan menimbulkan efek samping, juga sesuai dengan jenis rambut mana saja dan aman untuk kesehatan rambut.

Agar lebih jelasnya di bawah ini ada beberapa tips cara merawat rambut bercabang secara alami, yang bisa Anda terapkan dirumah, antara lain:

1. Minyak Alami

Anda dapat mencoba menggunakan minyak alami ( minyak kelapa, minyak bunga matahari, minyak almond) untuk merawat rambut kering dan bercabang. Selain itu minyak alami juga dapat meningkatkan kelembutan rambut. Caranya dengan mengoleskan minyak alami setelah keramas, kemudian bungkus rambut anda dengan menggunakan handuk hangat. Diamkan sekitar 15 menit, lalu bilas hingga bersih.

2. Minyak Zaitun

Minyak zaitun dapat bermanfaat untuk melembutkan rambut dan menjaga kesehatan rambut. Anda dapat mencoba menggunakannya dengan cara mengaplikasikan minyak zaitun hangat pada seluruh permukaan rambut sebelum keramas. Kemudian diamkan selama 5 menit, bilas dengan shampo. Untuk hasil terbaik lakukan cara diatas dua kali dalam seminggu.

3.Cuka Apel

Cuka apel bermanfaat untuk mengurangi rambut rusak dan menjadikan rambut menjadi lebih halus dan lembut. Anda dapat mencobanya dengan cara mencampurkan satu sendok makan minyak gandum dengan setengah cangkir sari cuka apel. Kemdian tambahkan air secukupnya, lalu oleskan campuran tersebut ke seluruh rambut setelah keramas (pada saat rambut masih dalam keadaan basah). Setelah itu diamkan selama 10 menit, bilas hingga bersih tanpa menggunakan shampo.

4. Mayones

Mayones bermanfaat untuk melembutkan rambut dan meningkatkan minyak alami rambut. Cara mengaplikasikannya juga sangat mudah, anda dapat mencoba dengan cara setelah keramas dan mengeringkan rambut dengan handuk, kemudian oleskan satu sendok makan mayones pada rambut, lalu bungkus rambut dengan shower cap atau handuk panas. Setelah itu biarkan mayones mereap kedalam rambut selama 25 hingga 20 menit. Lalu bilas dengan shampo bayi atau shampo herbal.

5. Alpukat

Alpukat bermanfaat untuk memberikan kelembaban dan melembut rambut. Anda dapat mencoba alpukat sebagai masker untuk merawat rambut. Caranya dengan memblender buah alpukat, kemudian campur jus alpukat dengan dua butir putih telur. Lalu aduk hingga rata, gunakan masker tersebut untuk melumuri rambut dengan melakukan gerakan pemijatan secara merata dan perlahan. Diamkan selama beberapa menit dan bilas rambut dengan menggunakan air dingin.

Selain menggunakan cara alami di atas, Anda juga dapat mencoba cara merawat rambut seperti di bawah ini.

- Membersihkan Rambut

Bersihkan rambut anda setiap hari atau setiap dua hari sekali menggunakan shampo yang mengandung vitamin E, dan pastikan anda membersihkan sisa shampo saat membilas rambut dengan air dingin.

- Gunakan Kondisioner

Anda dapat mengunakan kondisioner setelah keramas dengan mendiamkan selama 10 hingga 15 menit sebelum membilasnya sekali dalam seminggu. Pastikan saat menggunakan kondisioner tidak mengenai kulit kepala dan tidak ada yang tersisa saat membilasnya. Karena hal tersebut dapat menyebabkan rambut menjadi lepek dan berminyak.

- Hindari Hair Dryer

Bagi yang ingin mempunyai rambut kuat dan tidak mudah rontok, sebaiknya hindari mengguankan hair dryer atau alat pengering rambut. Karena alat tersebut dapat membuat rambut menjadi rusak. Sebaiknya keringkan rambut dengan cara membungkusnya dengan handuk lembut yang meresap air atau dapat mengeringkan rambut dnegan cara ditepuk-tepuk perlahan.

- Memotong Rambut

Potonglah rambut anda secara reguler. Hal tersebut merupakan cara untuk mengatasi rambut bercabang dan pecah-pecah dengan cara memotong ujung rambut.

- Vitamin B

Sebaiknya mulailah mengkonsumsi vitamin B kompleks setiap hari. Karena kandungan biotin yang terdapat pada vitamin B kompleks bermanfaat untuk menguatkan rambut. Anda bisa mengkonsumsi telur, kacang-kacangan dan pisang untuk mendapatkan vitamin B kompleks. (ref: : ikethisya.com)

Nah itulah bagaimana cara merawat rambut bercabang secara alami agar terhindar dari rambut kering dan kusam. Semoga artikel di atas dapat membantu untuk mengatasi permasalahan rambut Anda dan semoga bermanfaat.

BACA: Cara Mengatasi Rambut Bercabang, Rambut Rusak Setelah Rebonding dan Cara Merawat Rambut Setelah Rebonding.