Beginilah Cara Alami Membersihkan Karang Gigi dengan Baik dan Aman

Artikel cara alami membersihkan karang gigi tanpa harus mengeluarkan uang banyak. Banyak kita yang sering meremehkan karang gigi, padahal karang gigi banyak memberikan efek yang kurang baik bahkan percaya diri kita hilang.

Karang gigi semakin numpuk, bau mulut tak sedappun makin jelas. Ntah bagaimana cara mengarasinya? Berikut di bawah ini cara membersihkan karang gigi tanpa harus ke dokter dengan baik dan benar, yuk simak:

cara-alami-membersihkan-karang-gigi

1. Rajin Menggosok Gigi
Cara menghilangkan karang gigi bisa dilakukan dengan rajin menggosok gigi setiap hari. Rutin menyikat gigi memang memiliki banyak manfaat, baik bagi mulut ataupun gigi. Dengan rajin menggosok gigi, sisa-sisa makanan yang terselip di gigi akan mudah dibersihkan. Jadi, sisa-sisa makanan tersebut tak akan menumpuk pada gigi. Agar karang gigi cepat menghilang, sebaiknya kita menyikat gigi minimal 2 kali setiap hari.

2. Pilihlah Sikat Gigi yang Lembut
Pilih sikat gigi yang lembut karena dengan menggunakan sikat yang keras maka akan merusak gusi(gusi terluka). Ganti sikat gigi lebih dari 3 bulan, agar lebih menjaga kesehatan gigi kita. Cara ini tidak akan mengiritasi gigi dan tidak akan menimbulkan kerusakan pada gusi.

3. Gosok Gigi yang Baik
Jika anda mengosok gigi, sebaiknya perlu menemukan cara yang baik. Gerakan sikat gigi dengan naik, turun. Tempatkan sikat pada sela gigi dan gunakan bagian belakang yang lembut untuk menyikat lidah dan jangan menggosok gigi dengan keras, dengan keras akan menyebabkan gusi surut dan gigi menjadi sensitive.

4. Pasta Gigi Khusus
Pilihlah pasta gigi yang tepat untuk membersihkan karang gigi seperti pasta gigi yang mengandung fluroid atau tartar control. Sebab kandungan zat tersebut sangat ampuh untuk menghilangkan karang gigi. Jadi pilihlah dengan baik untuk anda pasta gigi yang baik.

5. Rutin Mengkonsumsi Air Putih
Begitu banyak manfaat air putih, untuk karang gigi air putih sangat penting untuk kita konsumsi. Kita hanya perlu rutin mengkonsumsi air putih setiap hari, minimal 8 gelas sehari. Ketika kita ingin menggunakannya sebagai pembersih karang gigi, kita hanya perlu berkumur-kumur dengan menggunakan air putih.

6. Mengkonsumsi Strawberry
Strawberry merupakan buah yang kaya dengan vitamin c, buah ini juga dapat membantu membersihkan karang gigi yaitu dengan menggosokkannya atau memakan secara langsung.

7. Mengkonsumsi Melon
Melon merupakan salah satu buah yang mengandung serat alami. Dengan mengonsumsi melon maka akan sangat baik untuk memproduksi air liur kita. Sehingga kebesihan mulut akan tetap terjaga kesehatannya.

8. Mengkonsumsi Apel
Buah apel ini memiliki zat-zat yang bisa mengurangi karang gigi. Buah apel ternyata dapat menumpas karang gigi dan kesehatan gusi. Jika Anda ingin menggunakan buah apel untuk menghilangkan karang pada gigi, Anda hanya perlu mengkonsumsinya secara rutin.

9. Kurangi Merokok
Hindari kebiasaan buruk seperti merokok, dan kurangi kebiasaan minum teh atau kopi.

10. Periksa Gigi ke Dokter Gigi
Rutin melakukan pemeriksaan kesehatan gigi ke Dokter Gigi (biasanya 6 bulan sekali). Hal tersebut perlu dilakukan agar saat gigi mengalami gangguan, dokter bisa dengan mudah mengatasinya.

Ref: kesehatangigi.blogspot.com

Nah itulah dari yaSehat beberapa cara membersihkan karang gigi dengan baik dan aman. Semoga artikel di atas bisa bermanfaat untuk kita semua. Selain cara membersihkan karang gigi di atas, disini kami juga punya artikel Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Cara Cepat Memutihkan Gigi Kuning, yang bisa anda baca juga.