IniLah Penyebab dan Cara Mengatasi Pegal dan Pinggang Kram Saat Hamil

Artikel kesehatan tentang cara mengatasi pegal dan pinggang kram saat hamil serta apa penyebab pinggang kram saat hamil. Kehamilan merupakan momen yang membahagiakan bagi seseorang sudah menikah, sebagian besar bagi perempuan. Tidak jarang selama kehamilan berlangsung terdapat berbagai macam keluhan yang disampaikan ibu hamil, salah satunya adalah keluhan pegal dan pinggang kram.

Adapun pengertian pegal dan pinggang kram adalah salah satu masalah yang sering dikeluhkan ibu hamil, terutama ketika usia kehamilan makin besar, kram disertai rasa nyeri pun makin sering dirasakan.

Apa sebab sering pegal dan pinggang kram saat hamil dan bagaimana mengatasinya? Ini dia sperti yang dikutip dari health.detik.com, antara lain:
Cara Mengatasi Pegal dan Pinggang Kram
Menurut dr Hari Nugroho, pada dasarnya wanita normal yang tidak hamil mempunyai poros berat badan normal dan ditopang oleh tulang belakang dengan titik berat di tengah. Sehingga otot-otot di tulang belakang tidak bekerja dengan berat.

Lain halnya ketika wanita mengandung, makin besar kehamilan, makin berubah pula poros berat tubuh menjadi makin ke depan. Nah, hal inilah yang mengakibatkan tulang belakang semakin tertarik ke depan. Akibatnya, makin besar pula kerja otot-otot di sekitar tulang belakang untuk menahan tarikan ke depan.

"Kerja otot-otot di sekitar tulang belakang yang terlalu berat mengakibatkan kelelahan otot. Lalu, otot yang lelah memberi sensasi ke otak yang kita kenal sebagai pegal dan kram," kata dr Hari dalam perbincangan dengan detikHealth.

Untuk mengatasi kram dan pegal pada pinggang ibu hamil, dr Hari menyarankan para ibu agar mendapatkan istirahat yang cukup. Pasalnya, seorang wanita hamil memang tidak 'didesign' untuk berdiri lama.

"Perbanyak duduk dan apabila sudah terasa makin kram dan nyeri maka sudah saatnya mengurangi aktivitas dan istirahat karena orang hamil memang kekuatannya tidak di design seperti orang tidak hamil," tutur dr Hari.

Apabila duduk tidak mengatasi nyeri dan kram yang dirasakan, maka posisi terbaik untuk orang hamil adalah tidur miring ke kiri. "Terima kenyataan bahwa Anda hamil, perbanyak istirahat untuk optimalisasi kehamilan untuk perkembangan anak Anda," pungkas dr Hari.

Demikian artikel kali ini cara mengatasi pegal dan pinggang kram saat hami dan apa sebabnya. Sebelumnya kami juga telah publikasi untuk Anda menganai cara mengatasi nyeri pinggang saat hamil, yang dapat Anda baca-baca juga.